Senin, 17 Januari 2011

Mahasiswa Gusar Saat Libur

Oleh: Aloysius Indra

Libur telah datang. Libur yang ditunggu-tunggu semua mahasiswa Sanata Dharma, mungkin juga mahasiswa universitas lain yang libur di saat yang sama. Suka cita semakin bertambah bagi mahasiswa Sanata Dharma karena libur datang bertepatan dengan selesainya Ujian Akhir Semester (UAS), natal, serta tahun baru 2011.

Banyak mahasiswa yang memilih menjalani libur yang panjang ini dengan pulang kampung, berkumpul bersama saudara, atau berekreasi. Misalnya, Gabriela Indria Putri, mahasiswa Prodi Farmasi 2010, juga Yuliana Desi Ariyanti, mahasiswa Prodi Manajemen 2010, yang menghabiskan liburan dengan pulang kampung untuk berkumpul bersama keluarga.

Selain untuk berkumpul dengan keluarga, ada juga sebab lain yang mendorong mahasiswa untuk pulang kampung. “Abis bosen di kos gak tau mau ngapain. Jadinya,  ya pulang aja,” ujar Desi. Lain Desi, lain pula Tita, mahasiswa Prodi Teknologi Informasi 2010. Ia mengaku memilih pulang kampung karena teman-temannya juga pulang kampung.

Meski banyak mahasiswa bisa menikmati liburan, khususnya dengan pulang kampung, sebagian lainnya merasa bahwa liburan ini terlalu panjang dan  membosankan. Seperti yang diungkapkan Desi, ”Sampe gak tau mau ngapain,” ungkapnya. Begitu pula pendapat Iin dan Tita. Menurut mereka liburan yang awalnya enak, karena terlalu lama, malah jadi eneg.

Permasalahan lain yang muncul dan mengusik liburan adalah pikiran mengenai hasil UAS. “Liburan 1 bulan tujuannya apa, libur kok hasil UASnya belum keluar? Jadi kepikiran,” ujar Desi. Selain itu ada juga yang pasrah menunggu meskipun kekecewaan yang sama karena nilai yang tak kunjung keluar. “Ya aku nunggu aja meski lama banget keluarnya (hasil UAS: red),” ujar Iin. “Sebaiknya keluarnya (hasil UAS: red) jangan terlalu lama, kasihan yang pada pulang kampung kalau harus bolak balik kampus buat ambil hasilnya,” tambah Tita.

6 komentar:

  1. lho, iya to? bukannya aku dulu pernah ngasih tau ya bakal diedit?

    BalasHapus
  2. wahhh gak tau saya.. gak trima saya.. sellesaikan di meja hijau aja (burjonan) haha

    BalasHapus
  3. wah pita kamu kurang tahu perkembangan terbaru diburju, sekarang mejanya sudah digani warna menjadi hijau, hahahah

    BalasHapus
  4. apaaaa??? serius nih warna hijau? sejak kapaaan?
    *malah nggosip burjo

    BalasHapus